contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Senin, 06 Desember 2010


Perjalanan X.8



Menurut para guru dan siswa-siswi SMAN 01 Wiradesa, kelas X.8 atau dengan nama lain “The Coople” adalah kelas istimewa. Terbukti anak-anak yang masuk di kelas ini mempunyai NEM rata-rata tinggi. Aku sempat kaget mengapa bisa dimasukkan di kelas X.8, secara selama ini aku merasa tidak mempunyai kepandaian yang lebih. Ya... mungkin ini karena faktor keberuntungan saja.

Keistimewaan X.8 memang nampak, mulai dari guru yang mengajar, metode pngajaran yang cepat dan proaktif, wali kelas yang terkenal tegas dan disiplin, sampai ruangan kelas yang ber-AC dan ber-kipas angin, walaupun Acnya tidak pernah digunakan alias mati. Tapi lumayan ada kipas angin yang bisa menghilangkan gerah dan panas. Ruang kelas X.8 juga letaknya cukup strategis. Dengan pintu di sebelah timur, sehingga setiap hari kelas tersinari sinar mentari pagi yang menyehatkan (kecuali kalau sedang mendung). Di belakang kelas terdapat mushola kecil yang pastinya bisa digunakan untuk beribadah. Koperasi kecil yang dikelola bersama siswa dan guru, ruang guru yang cukup luas, perpustakaan, UKS, ruang kesenian, dan ruang BK, TU, ruang kasek dan wakasek, serta ruang OSIS dalam satu lorong. Tapi kami tidak lama menempati ruangan itu karena tiga bulan kemudian, tepatnya setelah liburan hari raya Idul Fitri, kalas X.8 dipindahkan keruang laboratorium kimia. Memang tidak layak proses belajar setiap hari dilakukan di ruangan yang penuh dengan bahan-bahan kimia dan berhawa panas itu. Mau bagaimana lagi??? ruang X.8 sebelumnya sudah beralih fungsi menjadi ruang komputer guru. Emm... tapi dikelas X.8 yang baru ini juga ada asyuiknya, setiap meja ditempati 4-5 anak, karena model mejanya yang panjang. Dan kami tidak harus berjalan jauh untuk makan dikantin, karena ruang lab kimia berhadapan dengan kantin sekolah. Di kelas ini pula aku mulai mengenal dan mengerti sifat teman-teman X.8 yang beragam. Ada anak yang pendiam samoai yang seru, ada yang heboh sendiri, narsis, perasa, nyebelin, pemarah, lucu, dan masih banyak lagi. Tapi X.8 termasuk kelas yang kompak, kami tidak saling membeda-bedakan satu sama lain. Dan itu membuat kelas terasa lengkap.
Kuakui anak-anak kelas X.8 memang pintar, ya... walaupun ada sebagian kecil anak-anak yang dapat dibilang biasa-biasa saja, seperti aku ini. Dan ada juga anak-anak yang bermasalah dengan kakak kelas bahkan guru. Diruang lab kimia ini aku mulai kerasan menjadi salah satu anggota keluarga kelas X.8, mungkin karna diruang itu aku lebih mengenal teman-teman yang diruang kelas X.8 sebelumnya mereka hanya kutau namanya saja tanpa mengetahui sifat asli dan sisi lain yang unik dari mereka. Sebenarnya juga karena faktor tempat duduk yang berdekatan kami menjadi semakin akrab. Awalnya kami hanya belajar kelompok bersama, terus kekantin bareng, sampai jalan-jalan diluar jam sekolah. Dan kami pun sekarang lebih dari sekedar teman, ya... bersahabat.
Setelah 6 bulan KBM, akhirnya ulangan akhir semester I akhirnya tiba juga. Singkatnya kelas X.8 kembali menampakan keistimewaannya, peringkat pararel 1-4 berturut-turut didapat oleh anak-anak dari kelas X.8. Bagi kami itu menjadi kebanggaan yang luar biasa. Tidak salah kalau kelas X.8 disebut sebagai kelas unggulan.
Seperti kelas lain, kelas X.8 juga mempunyai organisasi kelas, tapi karena ketua kelas mempunyai masalah dengan budhenya yang kebetulan adalah wali kelas kami, yaitu Bu Sri Tri Lasmini yang sangat disiplin itu, akhirnya dia pindah sekolah. Dan kelas kami pun membuat reorganisasi. Dibawah ini adalah struktur organisasi kelas X.8 yang baru:
Semester II kelas X.8 belum berpindah tempat, padahal rencananya awal semester II kelas kami sudah pindah di kelas yang baru dibangun. Tapi ternyata pembangunannya lebih lambat dari yang diprediksikan. Jadi, kami harus sabar menunggu sampai beberapa bulan lagi untuk pindah ruang kelas.
Sekitar 2 bulan setelah semester II, kami menjalani pembelajaran seperti biasa di ruang lab kimia. Hanya sesekali kami, X.8 dan kelas X lainnya serta kelas XI berangkat siang karena keperluan kelas XII yang sedang menjalani try out. Akhirnya setelah ulangan mid semester II kelas X.8 pindah ruangan, sebelumnya kami sangat senang karena akan menempati ruangan dilantai dua. Tapi karena alasan ada salah satu anak X.8 yang kakinya sedang sakit akibat kecelakaan, alhasil kami harus puas dengan menempati ruangan dilantai satu yang seharusnya ditempati kelas XII IPA 1. Di kelas yang baru ini ruangannya cukup luas, lebih luas dari kelas X yang lain. Hanya saja yang sedikit mengecewakan adalah meja kursinya yang sudah tua, sehingga menimbulkan rasa ketidaknyamanan. Tidak seperti ruang X.8 sebelumnya yang masih baru. Ada hal lain yang cukup menggangu, yaitu suara bising yang ditimbulkan dari kelas di lantai dua. Suara pijakan kaki dan gesekan meja dengan lantai begitu menggema di ruang X.8. Dan itu membuat konsentrasi KBM sedikit terganngu, hanya sedikit.
Untuk mengisi dinding kelas yang masih polos maka kami menghias dinding dengan strutur organisasi kelas, jadwal piket, kelompok belajar, jam dinding, dan mading kelas. Sebenarnya itu semua dilakukan atas perintah dari wakasek dan wali kelas, juga karena ada lomba kebersihan kelas dalam rangka Ujian Nasional kelas XII. Ya... Walaupun akhirnya kelas X tidak ada yang mendapat juara.
Ujian Akhir Nasional kelas XII pun tiba, selama itu pula semua kelas X-XI diliburkan atau tepatnya cieh disuruh belajar di rumah. Tapi... percaya nggak cieh??? kalau selama diliburkan setiap anak belajar di rumah??? Mungkin karena itu juga wali kelas kami, Bu Tri memerimtahkan kami untuk belajar kelompok selama liburan. Dan harus membuat laporan tertulis sebagai tanda bukti. Sebal juga sebenarnya harus belajar kelompok selama libur, mending sekalian berangkat sekolah. Tapi kalau difikir-fikir lagi Bu Tri melakukan itu kan juga demi kebaikan dan keberhasilan kelas X.8 sendiri. Karena disemester II ini, materi dan liburnya sama-sama banyak, so... harus bisa mengatur waktu dan lebih banyak belajar sendiri.
Terakhir aku menulis ini adalah saat kali kedua libur karena kelas XII sedang melakukan ujian, tapi ka;li ini ujian sekolah. Sama seperti libur Ujian Nasional, kami X.8 juga diperintahkan untuk brlajar kelompok.
Dan sekitar 2 bulanan lagi kami akan menghadapi ulangan akhir semester II. Semoga semua anggota keluarga kelas X.8 dapat naik kelas dengan nilai yang baik dan tetap menjadi yang terbaik. Amien...

1 komentar:

  • Alex Irfani on 14 Oktober 2011 pukul 12.26

    wuiihh,,,,skrng Spatra ada tmbhn kelas plus AC ny yach ? wah,,,keren,

  • Posting Komentar

    About me

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Links

    Followers